Don’t judge a book by its cover!

Kita tentu kerap mendengar tamsil itu. Hendak menyatakan orang, atau sesuatu, jangan hanya ditakar dari tampilan luarnya. Sebab bisa jadi, lain di luar lain di dalam.

Namun, khusus dunia perbukuan, cover sangat penting perannya. Yang dan pertama dan utama untuk menarik minat orang akan sebuah buku. Sedemikian penting, sehingga pakar pemasaran buku John Cremer menyatakan bahwa “You can sell a book by it’s cover!”

Penerbit dapat menjual sebuah buku melalui bungkusannya. Dengan demikian, cover berfungsi sebagai:

1) packaging (bungkusan), melindungi isi buku dan sekaligus membuatnya menjadi indah;

2) space iklan, jadikanlah cover buku sebagai space iklan yang sanggup membuat orang tertarik untuk melihat, kemudian ingin memilikinya. Karena itu, usahakan kata-kata yang tertulis pada cover bukan saja menggunakan bahasa yang baik dan benar, tetapi juga memikat dan mengandung pesan persuasif;

3) ibarat etalase, cover buku dapat diumpamakan bagai etalase sebuah toko, pajangan yang mencolok mata, dan sekaligus dapat menggoda yang melihatnya;

4) ibarat manusia, cover ialah wajah yang lebih dulu dilihat. Apabila cover buku menarik, maka orang akan terus mengamati dan memperhatikan. Sebaliknya, apabila cover buku jelek, maka orang akan memalingkan muka.

Cover terdiri atas empat bagian pokok, yaitu sebagai berikut.

1) Front cover (sampul depan). Pada sampul depan biasanya terdapat logo penerbit, judul, nama penulis, dan edisi.

2) Punggung buku. Pada punggung buku terdapat judul buku, nama penulis, dan logo penerbit.

3) Back cover, atau sampul luar. Pada sampul luar terdapat sinopsis, komentar (citat) para pakar yang mendukung, logo serta nama dan alamat penerbit, juga barcode.

4) Back cover (cover belakang). Pada back cover terdapat sinopsis (tiga macam sinopsis, yaitu citat seperti kutipan pendapat pakar/ praktisi, ringkasan/intisari buku, dan kombinasi).

 

Pendek kata, cover buku multifungsi. Intinya, ibarat etalase. Sekaligus juga iklan. (rmsp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *