Duta Baca Indonesia; Najwa Shihab Hadir di Minang Book Fair

Perpustakaan Nasional adalah salah satu yang kami kunjungi dalam mendukung acara ini. Dengan tanpa diduga kami di support sosok terkenal media televisi di salah satu acara tv nasional yang sekaligus menjadi Duta Baca Indonesia Perpusnas RI yaitu Najwa Shihab. Najwa Shihab akan hadir memberikan motivasi khusus bagi masyarakat Sumbar, tentang betapa pentingnya buku dan membaca yang baginya sudah menjadi suplemen wajib.

Dalam sebuah berita Najwa Shihab membagi cerita tentang pentingnya buku dan membaca Belajar dari pengalamannya waktu kecil, Najwa mengaku sudah jatuh cinta dengan buku sejak dirinya belum mampu membaca. Sebab kala itu, setiap malam ibunya membacakan berbagai macam dongeng dari buku. Memiliki orang tua yang gemar membaca juga membuatnya familiar dengan buku. Dinding-dinding di rumahnya banyak dipenuhi rak buku. Bahkan salah satu lokasi tujuan saat bepergian bersama keluarga adalah toko buku. “Ayah saya kalau ngajak keluar, pasti ke toko buku. Dulu setiap hari Kamis kami pergi ke Gramedia Matraman. Jadi dibuat semacam ritual pergi mencari sesuatu yang sedang ingin diketahui,” urainya.

Bagi Najwa, tidak ada kata terlambat untuk memulai kegemaran membaca buku. Cara gampangnya adalah dengan membaca buku yang isinya sesuai dengan hobi. Maka lambat laun, membaca juga akan menjadi hobi tersendiri. “Saya percaya, cuma perlu satu buku untuk gemar membaca buku. Buku itu sudah ditulis sejak 2.000 tahun yang lalu, jadi hampir tidak ada limitasinya. Apapun hobi kita semua, pasti sudah ada yang pernah menulisnya,” kata putri mantan Menteri Agama era Soeharto, Quraish Shihab ini.

Mengemban amanah sebagai Duta Baca Indonesia, Najwa awalnya mengaku agak ketakutan. Sebab dia tahu, minat baca masyarakat Indonesia masih sangat rendah, bahkan terendah di Asia. Namun lambat laun, setelah berkeliling Indonesia dan bertemu dengan orang-orang yang selalu bersemangat menyalurkan buku bacaan hingga ke pelosok-pelosok daerah, semangatnya timbul kembali. “Pengetahuan adalah investasi paling mahal. Dan paling murah mendapatkannya adalah dengan membaca,” tuturnya. (detik.com/berita/jadi-duta-baca-bagikan-tips-agar-anak-gemar-membaca)

Acara Minang Book Fair ini di harapkan hadir sebagai fasilitator serta inspirator para pelajar, guru-guru serta orang tua dalam memberikan edukasi dalam keseharian kegiatannya. Najwa Shihab sebagai sosok cerdas diharapkan memicu ribuan pelajar dan mahasiswa untuk menganggap penting membaca dan membeli buku sebagai pembuka jendela dunia.[ A Ajid ]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *