Fadli Zon Library Menghadirkan Literasi klasik Minang di Minang Book Fair

Dalam sebuah kesempatan kami YAGEMI menyempatkan audiensi untuk sharing pendapat kekantor Wakil Ketua DPR RI Bapak Dr. Fadli Zon, M.Sc — Wakil Ketua DPR RI Bidang Korpolkam, Wakil Ketua Umum Partai Gerindra, Pendiri Fadli Zon Library yang kami anggap sebagai tokoh yang peduli terhadap dunia literasi di Indonesia dan budaya literasi minang. Fadli Zon mempunyai “rumah budaya” di tanah kelahirannya Padang, rumah budaya merupakan museum sekaligus perpustakaan yang di dalamnya berisi literasi kuno tanah minang yang monumental. Seperti karya karya penulis melayu minang, pusaka keris dan media media jaman dahulu selama masa pra kemerdekaan di tanah minang.

Kami selaku panitia, yang hadiri adalah Firdaus Oemar, Arnos Iwan, Muchlis Hamid, Fahmi Oemar, Madi Chusnun serta Abdul Ajid diajak berdiskusi se olah olah terlena dengan  apa yang disampaikan Fadli Zon sosok muda yang peduli terhadap budaya literasi minang. Kami di sambut antuas dan menjajikan akan menghadiri pembukaan pameran akbar Minang Book fair24 Februari 2017 mendatang.

Bahkan, Fadli Zon akan menghadirkan booth khusus yang dinamakan Fadli Zon Library yang di dalamnya akan memerkan literasi klasik minang tempo dulu. Fadli Zon Library (Perpustakaan Fadli Zon) merupakan perpustakaan pribadi milik Fadli Zon, budayawan dan politisi Indonesia. Fadli Zon Library berdiri sejak tahun 2008. Koleksi yang tersimpan di Fadli Zon Library diantaranya koleksi buku yang berjumlah sekitar 40.000, koleksi naskah kuno, dan koleksi koran tempo dulu. Beberapa koleksi lainnya adalah: Koleksi keris, tombak, pedang dan bandik dari berbagai kerajaan Nusantara, koleksi perangko, koleksi uang logam (coin), koleksi patung dan lukisan dari berbagai maestro seniman Indonesia, koleksi piringan hitam (long play) dari musisi/ penyanyi Indonesia, koleksi rokok yang di produksi di Indonesia, koleksi tekstil/ kain tua dari berbagai daerah, koleksi kaca mata dari beberapa tokoh. Fadli Zon Library terdiri dari 3 (tiga) lantai; lantai pertama dijadikan ruang kerja pribadi Fadli Zon, ruang kerja staf, dan ruang tamu; lantai dua dijadikan ruang koleksi buku dan tosan aji, piringan hitam, koran tempo dulu, perangko, uang lama, bungkus rokok, dan ruang diskusi. Disetiap lantai terpajang koleksi lukisan dan patung dari banyak seniman.

Berikut alamat Fadli Zon Library Jalan Danau Limboto C2/ 96, Pejompongan, Jakarta Pusat 10210. Telp: +62-21 5734 382, Fax. +62-21 580 3624. Email : admin@fadlizonlibrary.com, contact@fadlizonlibrary.com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *