Membaca Tanpa Kacamata Bukan Mustahil Lagi! Yuk coba latihan ini

Mata minus atau rabun jauh adalah keadaan di mana penderitanya kesulitan untuk melihat benda-benda yang jaraknya jauh. Tidak hanya diderita oleh orang dewasa saja, bahkan anak-anak dan para remaja juga beresiko terancam oleh penyakit yang bisa dibilang sepele ini. Penyebabnya bisa dari keturunan, hingga kebiasaan buruk seperti sering menonton TV atau membaca terlalu dekat.

1. Latihlah fokus penglihatan dengan menggunakan telunjuk
Untuk melakukan latihan ini, duduklah dalam posisi yang nyaman, tempatkan telunjuk sekitar 10 cm dari hidung. Fokuskan pandangan ke arah telunjuk kemudian alihkan fokus ke objek jauh di belakang telunjuk. Kemudian kembalikan fokus ke telunjuk. Lakukan dengan melirik tanpa menggeserkan kepala.

2. Senam mata untuk menjaga kelenturan mata
Goyangkan bola mata dari kiri ke kanan, kemudian berputar dan berkedip sebanyak 100 kali setiap hari. Latihan ini juga berguna untuk membersihkan dan melumasi biji mata.

3. Kurangi ketegangan dengan mengganti objek pandangan
Sebaiknya jangan terlalu lama menatap satu objek tertentu, karena hal ini akan menyebabkan otot mata menjadi tegang dan kaku. Misalnya ketika kamu sedang menatap layar komputer, alihkan pandangan beberapa saat ke jendela atau objek lain di sekitarmu, barulah kembali menatap layar komputer.

4. Mata pun sesekali butuh berjemur di pagi hari
Memanjakan mata dengan berjemur dapat dilakukan dengan cara menutup kedua mata dan arahkan pandangan ke matahari sampai bola mata terasa hangat. Sebaiknya lakukan hal ini di pagi hari, supaya asupan vitamin D juga tercukupi.

5. Mengompres mata pun wajib dilakukan
Untuk membersihkan mata, kita bisa menggunakan obat tetes mata agar mata terhindar dari kuman dan bakteri. Selain itu, bisa membilas mata dengan air hangat. Caranya, siapkan semangkuk air hangat lalu masukkan mata ke dalamnya dan berkedip-kediplah selama beberapa saat. Langkah ini ampuh untuk mengeluarkan debu dan kotoran yang masuk ke dalam mata.

6. Lepas kaca mata atau softlens jika tidak diperlukan
Otot mata akan menjadi kaku ketika menggunakan kacamata, karena mata akan terbiasa fokus pada pusat lensa. Coba buktikan, kita akan terbiasa menggunakan leher untuk melihat sekeliling ketimbang menggeser bola mata.

7. Nikmatilah pemandangan hijau untuk menyegarkan mata
Sesekali pergilah mencari objek pegunungan atau pepohonan dalam rangka penyegaran mata. Objek berwarna hijau diyakini dapat memberikan ketenangan dan dampak positif bagi mata. Selain baik untuk mata, kegiatan ini berguna juga untuk mengembalikan pikiran supaya tetap jernih.

8. Latih mata untuk memperhatian benda-benda bergerak
Mengurangi mata minus dapat dilakukan dengan melihat kendaraan yang berlalu-lalang di jalan raya selama beberapa menit. Memang pada awalnya agak memusingkan, tapi cara ini ampuh untuk melatih otot mata.

9. Terapi lilin
Caranya mudah, nyalakan lilin lalu tataplah nyala lilin tersebut sampai kamu mengeluarkan air mata. Usahakan untuk tidak terlalu banyak berkedip supaya makin banyak air mata yang dikeluarkan. Lakukan terapi ini selama 4 kali dalam seminggu.

10.Istirahatkan mata 15 menit sekali dengan teknik eye palming
Teknik ini ampuh untuk mengistirahatkan mata dan membuatnya rileks. Gosok-gosokkan telapak tangan hingga hangat, tutup kedua mata dan tempelkan dengan telapak tangan yang hangat. Cara ini bisa dilakukan kapanpun saat mata merasa penat.

11. Pijatan di titik-titik sekitar mata
Lakukan pijatan-pijatan ringan di sekeliling mata setiap kali bangun tidur. Pijatan ini berguna untuk melancarkan peredaran darah dan merilekskan mata yang lelah.

12. Konsumsi menu-menu yang kaya akan vitamin A
Untuk penanganan dari dalam, sebaiknya mengkonsumsi makanan yang banyak mengandung vitamin A, betakaroten, omega 3, luthein, lycopene, dan zink. Kandungan zat ini sangat dibutuhkan oleh mata. Beberapa makanan yang mampu mengembalikan kesehatan mata antara lain seperti wortel, ikan salmon, alpukat, kol, bayam, telur, dan tiram.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *