Naskah Asli Tuanku Imam Bonjol Hadir di Minang Book Fair 2017

Minang Book Fair 2017 akan digelar pada tanggal 24 Februari sampai dengan 5 Maret 2017 di Masjid Raya Sumatera Barat. Salah satu yang akan dipamerkan di Minang Book Fair 2017 adalah naskah Tuanku Imam Bonjol yang merupakan kekayaan budaya literasi kuno khas Sumatera Barat. Naskah yang sempat hilang sejak 1991, kini telah ditemukan dan tersimpan di Badan perpustakaan dan Arsip Daerah (BPAD) Sumatera Barat.

Bagi Masyarakat Indonesia khusus warga Sumatera Barat, ini menjadi kesempatan emas untuk dikunjungi karena penting bagi anak-anak untuk mengenal budayanya juga sebagai wisata edukasi yang mengasyikan. BPAD Provinsi Sumatera Barat sudah menyiapkan konsep bagaimana agar naskah asli Tuanku Imam Bonjol ini dapat dilihat lebih dekat oleh masyarakat. Tidak saja hanya naskah asli, BPAD Sumatera Barat juga akan menampilkan pemutaran film bertema Tuanku Imam Bonjol selama Minang Book Fair 2017 digelar. Pagelaran ini kami gratiskan alias tidak ada pungutan.

Kepala BPAD Sumatera Barat, Alwis, berharap masyarakat dapat berbondong-bondong datang ke pameran dan menjadi saksi dipamerkannya sebuah warisan budaya Minang yang menjadi kekayaan literasi bangsa. “BPAD Sumatera Barat mengundang seluruh elemen masyarakat untuk melihat lebih dekat naskah asli Tuanku Imam Bonjol karena kami sudah merancang sebuah konsep pameran yang bisa dinikmati oleh kita bersama.” papar Alwis.

Ketika Minang Book Fair diluncurkan pada tanggal 20 Desember di Jakarta, seorang warga Jakarta bernama Andi yang hadir di acara tersebut sangat antusias dengan rencana BPAD Sumatera Barat memamerkan naskah asli Tuanku Imam Bonjol ini. “Sebagai seorang pegiat literasi’, saya sangat senang dengan akan dipamerkannya naskah Tuan Imam Bonjol di Minang Book Fair 2017 nanti, dan saya tidak sabar menunggu untuk datang ke Padang khusus untuk melihatnya secara langsung.” papar Andi.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *