Nikmati Aneka Lomba & Ribuan Buku di Minang Book Fair 2017

Minat baca buku sedang dalam ancaman besar, di era arus informasi tekhnologi masa kini. Gadget, salah satu yang sangat digandrungi, menyediakan banyak fitur aplikasi game yang sudah tentu menggerus motivasi untuk membaca buku, belum lagi tontonan televisi yang semakin hadir dominan ditengah keluarga. Hal itu semua tak bisa dihindari dan tentu harus dihadapi. Kami YAGEMI (yayasan gemar membaca Indonesia) hadir bersama pemerintah Sumatera Barat serta di dukukung oleh media lokal dan IKAPI, menggelar pameran akabar, yaitu Minang Book Fair (MBF).

MBF akan segera digelar pada 24 Februari s.d 5 Maret 2017 di Masjid Raya Sumatera Barat. Pameran ini mengangkat tema “Mambangkik Batang Tarandam” yang akan diresmikan oleh Gubernur Sumatera Barat, Bpk. Irwan Prayitno. Salah satu acara yang akan diadakan adalah lomba duta baca, yang pada pelaksanaannya yaitu YAGEMI bekerjasama dengan Padang TV. Lomba duta baca ini diharapkan dapat menjadi barometer upaya keberhasilan dalam meningkatkan minat baca masayarakat Sumatera Barat khususnya di kalangan pelajar dan mahasiswa.

“Ditengah gempuran budaya digitalisasi dan era gadget sekarang ini, kami merasa perlu menggerakkan masyarakat khususnya kaum muda untuk aktif dalam kegiatan literasi dengan membaca buku.” ungkap Nashrian, Pemred Padang TV. Nashrian menerangkan sekilas mengenai teknis pelaksanaan lomba duta baca ini bahwa peserta harus memiliki sedikitnya 20 (dua puluh) koleksi buku pribadi yang nantinya akan diuji pada saat penjurian. Para peserta pun diwajibkan menulis artikel mengenai aktivitas dan kecintaannya terhadap dunia literasi. Hal senada juga diungkapan oleh Kepala Badan Perpustkaan dan Arsip Daerah (BPAD) Provinsi Sumatera Barat, Alwis. “BPAD mendukung penuh kegiatan lomba duta baca di Minang Book Fair ini agar generasi muda di Sumatera Barat bisa lebih melek buku dibanding melek gadget.” papar Alwis. Kegiatan lomba duta baca akan diadakan selama 3 hari. 2 hari babak penyisihan dan 1 hari babak final. Proses pendaftaran peserta dan penyeleksiannya akan dilakukan sepenuhnya oleh tim Padang TV.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *