Pecinta Buku Lebih Ramah dan Lebih Berempati

Apakah kamu Ingin menjadi orang yang lebih ramah? Mungkin kamu harus mulai suka membaca buku karena menurut hasil penelitian, orang yang suka membaca memiliki kepribadian yang lebih ramah dan empati yang tinggi.
Dalam penelitian mengenai preferensi soal buku, televisi dan pertunjukan, sebanyak 123 partisipan diuji kemampuan interpersonal-nya, seberapa besar mereka memikirkan perasaan orang lain, seberapa besar mereka menghargai orang lain dan apakah mereka suka menolong orang lain.

Penelitian yang dilakukan di Kingston University, London, mengungkapkan bahwa pembaca buku cenderung memiliki perilaku yang lebih baik dibandingkan dengan mereka yang lebih suka menonton televisi. Orang yang suka menonton televisi cenderung lebih tidak bersahabat dan tidak pengertian terhadap pandangan orang di sekitarnya. Jadi dapat dikatakan mereka yang lebih suka menonton televisi cenderung lebih anti-sosial.

Namun tidak sembarang buku yang membuat seseorang menjadi lebih baik. Literatur juga mempunyai dampak yang besar terhadap kecerdasan emosional seseorang. Studi mengungkapkan penggemar fiksi menunjukkan perilaku sosial yang lebih positif, sedangkan pembaca novel drama dan percintaan cenderung mempunyai empati yang lebih tinggi. Pencinta dari buku eksperimental menunjukkan kemampuan melihat sesuatu dari perspektif berbeda, sedangkan pembaca buku komedi dinilai paling bisa menempatkan diri di posisi orang lain.

Para peneliti juga menegaskan studi ini tidak membuktikan terdapat efek sebab akibat bahwa gemar membaca buku pasti membuat orang menjadi lebih baik, hanya saja akan membuat seseorang semakin bijaksana, semakin besar kemungkinan bahwa orang tersebut gemar membaca buku. Well, selain mengantarkanmu ke jendela dunia, membaca buku juga dapat meningkatkan kemampuan interpersonal kamu lho!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *