Profesi Yang Cocok Untuk Kamu Yang Hobi Menulis

Bagi sebagian orang, menulis adalah sesuatu yang menyenangkan. Mulai dari pengalaman pribadi yang seru dan lucu hingga yang paling sedih sekalipun bisa dituliskan menjadi sebuah cerita. Kegiatan menulis tidak semudah kelihatannya, butuh suasana tertentu yang cocok dengan kegiatan tersebut sehingga seseorang baru bisa menghasilkan tulisan. Menulis, di zaman seperti sekarang ini, tidak hanya menjadi hobi melainkan dapat menghasilkan uang, seperti profesi-profesi berikut.
1. Wartawan
Umumnya profesi jurnalis atau wartawan diisi oleh mereka yang telah menempuh studi pada bidang jurnalistik. Namun tidak jarang pula mereka yang menempuh studi di luar bidang keilmuwan tersebut memiliki profesi sebagai wartawan. Berita-berita yang selama ini kita baca di media massa baik cetak maupun online tidak terlepas dari peran wartawan. Selama memiliki passion pada bidang tersebut walapun tidak menempuh studi pada bidang jurnalistik sebelumnya, tentu tidak masalah.

2. Konsultan Public Relation
Tugas seorang konsultan PR meliputi aktivitas seperti hubungan media, membuat press release, pidato dan lain sebagainya. Di era digital seperti sekarang ini seorang konsultan PR juga tidak hanya memperlihatkan tulisan untuk press release tetapi juga tulisan untuk postingan di media sosial.

3. Penulis Buku
Jika mememang konsisten menulis sebuah cerita, profesi sebagai seorang penulis buku juga bisa digeluti. Seorang penulis buku tidak hanya harus konsisten tetapi juga disiplin dalam memproduksi sebuah tulisan. Kalau buku kita laku terjual, royalti yang akan didaptkan juga tidak akan sedikit.

4. Content Writer
Semakin tingginya mobilitas masyarakat di Indonesia juga berpengaruh terhadap kemunculan portal berita online dengan berbagai keuninkannya. Selain praktis, membaca berita online juga menghemat pengunaan kertas. Walaupun masih banyak pula orang-orang yang lebih memilih membaca media cetak. Peran content writer sangat dibutuhkan danlam penulisan pada portal-portal berita tersebut. Tidak hanya menulis artikel yang menarik, seorang content writer juga diharuskan menulis artikel yang mudah ditelusuri mesin pencari dengan memasukan kata kunci tersebut.

5. Blogger
Profesi blogger di Indonesia memeliki pengahasilan yang tidak sedikit, apalagi jika kita mengerti strategi marketing untuk menigkatkan traffic pengunjung blog kita. Kita bisa menuliskan catatan perjalananan kita selama liburan atau makanan apa saja yang kita suka, bahkan ulasan buku hingga film. Kalau rutin menulis, pasti pendapatan juga akan semakin berlimpah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *