Proses Kreatif

Orang awam mengira, menulis buku harus mulai dari halaman muka sampai halaman akhir, secara berurutan. Ini tidak benar! Dalam proses kreatif menulis, seseorang bisa mulai dari bagian mana saja, tergantung mood. Hasil akhirnya, baru menjadi sebuah naskah yang urut.

pemikiran-menulis-buku
Dalam menulis, sepatah kata –gagasan pokok—dikembangkan sedikit demi sedikit, tahap demi tahap. Dalam proses dan mata rantai naskah “menjadi” buku, dari gagasan pokok menjadi buku siap-saji, disebut dengan proses kreatif.

Antara proses kreatif menulis naskah buku dan buku siap saji, terdapat perbedaan. Dalam menulis, kerap kerangka tulisan yang sudah ditetapkan tidak diikuti secara kaku. Sebuah buku dibangun dari sejumlah kata yang dirangkai dalam kalimat. Sejumlah kalimat membangun paragraf. Sejumlah paragraf membangun subab. Sejumlah subbab membangun bab. Dan kumpulan seluruh bab membangun sebuah buku yang dirangkai dalam judul. Pembuatan judul buku yang baik ialah yang mencerminkan isi buku.

Gagasan pokok dikembangkan tahap demi tahap, sehingga pada akhirnya menjadi sebuah buku yang utuh gagasannya, diawali dengan sepatah kata saja. Namun, sepatah kata perlu dirangkai dengan Ejaan.
• Ejaan ialah alat penyelaras penyampaian gagasan dalam bahasa tulisan. Berbeda dengan bahasa lisan, kesalahan ejaan dalam sebuah tulisan sangat kentara. Menguasai Ejaan yang Disempurnakan (EYD) dalam bahasa Indonesia merupakan keharusan bagi seorang penulis. Meski bukan lulusan Fakultas Bahasa dan Seni, sejatinya siapa pun dapat menguasai keterampilan berbahasa Indonesia yang baik dan benar. Kamus Bahasa Indonesia daring setiap saat dapat digunakan! Alat yang memampukan siapa saja menjadi penulis andal, menjamin akurasi aspek EYD dan penulisan kata dengan benar.

  • Suku kata ialah struktur yang terdiri atas satu atau urutan fonem yang merupakan konstituen kata.
  • Kata unsur bahasa yang diucapkan atau dituliskan yang merupakan perwujudan kesatuan perasaan dan pikiran yang dapat digunakan dalam berbahasa (KBBI daring).
  • Suku kalimat ialah bagian kalimat, seperti subjek, predikat, dan keterangan.
  • Frasa ialah gabungan dua kata atau lebih yang bersifat nonpredikatif (misalnya: gunung tinggi). Ini merupakan contoh konstruksi nonpredikatif. Menjadi konstruksi predikatif jika, “Gunung yang tinggi itu mengepulkan asap hitam”. Jadi, dalam konstruksi ini, terdapat hubungan antara subjek dan predikat sebab predikat “yang tinggi itu mengepulkan asap hitam” menerangkan subjek, yakni “gunung tinggi”.
  • Klausa ialah satuan gramatikal berupa kelompok kata, sekurang-kurangnya terdiri atas subjek dan predikat dan berpotensi menjadi kalimat.
  • Kalimat merupakan penjelasan dari ide pokok, terdiri atas beberapa kata, membentuk satu kesatuan ide yang utuh.
  • Paragraf ialah bagian dalam suatu tulisan (karangan). Biasanya mengandung satu gagasan pokok dan penulisannya dimulai dengan sebuah baris baru yang menjorok satu tab ke dalam.

Berpedoman pada satuan pikiran dalam menulis buku tersebut, penulis dapat mengembangkan kata sebagai satu kesatuan gagasan yang utuh, menguraikannya ke dalam frasa, menjadi klausa, menjadi kalimat-kalimat, lalu membentuk paragraf, yang pada akhirnya menjadi buku.

Proses kreatif menulis buku dan buku-jadi, berbeda. Dalam proses kreatif, penulis tidak secara kaku mengikuti outline yang sudah dirancang. Kapan ide datang, penulis menuangkan gagasan ke dalam tulisan. Sedemikian rupa, sehingga lama kelamaan terbentuk sebuah tulisan yang utuh dan lengkap.

Naskah yang kemudian menjadi buku siap-saji merupakan proses kreatif menulis yang panjang dan tidak beraturan seperti tertera dalam daftar isi. Dalam proses kreatif menulis, seseorang dapat mulai menulis dari mana saja. Hasil akhirnya baru sistematis.

Orang awam mengira, menulis buku harus mulai dari halaman muka sampai halaman akhir, secara berurutan. Ini tidak benar! Dalam proses kreatif menulis, seseorang bisa mulai dari bagian mana saja, tergantung mood. Hasil akhirnya, baru menjadi sebuah naskah yang urut. (rmsp)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *