Ternyata Buku Cetak Lebih Unggul Daripada E-Book

Saat ini ebook lebih populer dibandingkan buku cetak biasa karena lebih praktis dan murah. Bahkan e-book juga ada yang gratis, alias diberikan cuma-cuma. Kehadiran ebook bahkan telah membuat toko-toko buku tradisional mengalami kemunduran bisnis.

Namun, tahukah Anda? Penelitian terbaru mengungkap kalau buku cetak ternyata tetap memiliki keunggulan tersendiri jika dibandingkan buku elektronik.

Adalah penelitian yang dilakukan oleh West Chester University. Menurut para civitas academica tersebut, manusia cenderung lebih cepat memahami konten dalam buku cetak ketimbang buku digital. Selain dampak radiasi yang cukup menganggu, pencahayaan digital dalam ebook membuat mata kita cepat lelah juga.

Walau buku digital memberikan kemudahan penyimpanan dan lebih praktis dibawa ke mana-mana saat bepergian, tapi buku fisik masih banyak diminati. Konon, ketika membaca buku fisik atau buku versi cetak, kita akan lebih memahami isinya dengan mendalam ketimbang ketika membaca e-book atau buku dalam bentuk digital.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *