Tips Membaca Banyak Buku

Pernahkah kamu ada keinginan untuk membaca banyak buku namun waktu yang kamu punya terbatas? Jika pernah, berikut empat tips yang dapat kamu terapkan untuk membaca banyak buku walau waktu yang kamu punya terbatas. Yuk, simak tips berikut!

1. Luangkan waktumu selama 15 menit untuk membaca buku
Manusia memiliki waktu selama 24 jam dalam satu hari untuk melakukan berbagai aktivitas. Di sela-sela waktu tersebut, kamu bisa meluangkan waktumu minimal 15 menit per hari untuk membaca buku. Setidaknya kamu bisa memperoleh sepuluh halaman dalam 15 menit. Sesibuk apa pun kamu, sempatkan diri kamu untuk membaca buku selama 15 menit. Lebih baik lagi kalau kamu bisa membaca buku lebih dari 15 menit. Buat kamu yang belum terbiasa membaca buku, ayo terapkan sistem ini. Tapi yang terpenting, lakukan secara rutin meluangkan waktu selama 15 menit untuk membaca buku sehingga kamu bisa seserig mungkin membaca. Semakin banyak waktu yang kamu luangkan untuk membaca, sudah pasti semakin banyak juga buku yang bisa kamu baca dan kamu nikmati.

2. Membawa buku kemanapun kamu pergi
Kamu tahu kebiasaan orang Jepang saat membaca buku? Jepang terkenal memiliki budaya membaca yang baik. Salah satu kebiasaan masyarakat Jepang ialah membaca buku saat berada di dalam kendaraan umum. Saat berpergian kamu juga bisa melakukan hal tersebut dengan selalu membawa minimal satu buku di dalam tas selama perjalanan. Sehingga kamu dapat mengisi waktu luangmu selama di perjalanan dengan membaca buku yang kamu bawa dibandingkan kamu hanya diam, tidak melakukan suatu hal yang bermanfaat untuk diri kamu. Sayang sekali kalau kamu hanya membuang-buang waktumu untuk hal-hal yang kurang bermanfaat. Harus selalu kamu ingat, hal yang paling berharga ialah waktu. Semakin banyak buku yang kamu bawa ketika bepergian, semakin banyak pula buku yang bisa kamu baca. Selain itu, membaca juga dapat membuat perjalananmu terasa lebih menyenangkan.

3. Membaca buku di waktu luang yang kamu miliki
Kamu pasti selalu punya waktu luang ketika menunggu kelas, ketika jam kantor belum dimulai, atau ketika di perjalan pergi maupun pulang. Di sela-sela waktu seperti itu, setiap orang melakukan berbagai hal untuk mengisi waktu luangnya. Membaca buku di waktu luang yang kamu miliki, akan membawa kamu ke jendela dunia, menambah pengetahuan kamu, juga meningkatkan daya pikir kamu. Kamu harus tau, sesuatu yang kekal ialah ilmu yang bermanfaat. Yuk, gunakan waktu luangmu untuk menambah ilmu kamu dengan membaca!

4. Memiliki tempat dan waktu khusus untuk membaca buku
Setiap orang memiliki tempat dan waktu khusus untuk membaca. Ada yang terbiasa membaca di tempat yang sepi dan butuh konsentrasi yang tinggi untuk memahami buku yang dibacanya. Ada juga yang suka membaca buku sambil mendengarkan musik, di tengah keramaian, atau di saat sebelum tidur pada malam hari sebagai pengantar tidur. Memiliki tempat dan waktu khusus ketika membaca dapat membantu kita agar tetap semangat membaca dan menyelesaikan membaca buku tersebut. Kamu bisa menentukan tempat dan waktu khusus untuk membaca sesuai keinginan kamu. Coba cari tempat dan waktu terbaikmu untuk membaca buku. Tentukan sendiri dengan mencobanya dalam berbagai kesempatan. Dari situ kamu bisa menemukan waktu yang tepat untuk membaca. Jika kamu sudah menemukan waktu yang tepat untuk kamu membaca buku, jangan lupa untuk menerapkannya secara konsisten agar kamu terbiasa dan memiliki kebiasaan untuk membaca.

Itulah keempat tips yang bisa kamu terapkan untuk membaca banyak buku. Happy reading!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *